Selasa, 24 April 2018

Cara Pelaksanaan Sujud Sajadah di Dalam Solat Subuh


CaraPelaksanaan Sujud Sajadah  di Dalam SolatSubuhMendengar kata Sujud Sajadah  banyak diantara kita yang bertanya apa sebenarnya yang dimaksud sujud sajadah dan bagiamana tata cara pelaksanaannya? Karena jika belum pernah belajar atau mengetahui tata cara pelaksaannya maka akan menimbulkan kebingungan.

Bercerita sedikit pengalaman penulis waktu itu dikampung saya ada seorang imam yang pada waktu subuh jum’at melaksanakan sujud sajdah setelah membaca surah Alif Lam Miim Assajadah. Karena hal tersebut tidak pernah dilakukan di masjid penulis, dan imam pada hendak memulai solat juga tidak memberitahu kepada makmum jika ingan melaksanakan sujud sajadah, maka yang terjadi saat imam melakukan sujud sajadah makmum dibelakang menegur karena keterbatasan ilmu makmum, sehingga terjadi kesalah pahaman dalam solat. Tentunya hal seperti ini tidak kita harapankan.     

Apa sebenarnya yang dimaksud Sujud Sajadah? Sujud Sajadah adalah sujud yang dikerjakan bilamana seorang muslim membaca ayat-ayat sajadah yang terdapat di dalam Al-qur’an.

Rasulullah Saw, apabila sholat Subuh pada hari Jumat, membaca surah Alif Lam Miim Assajadah dan melakukan sujud Sajadah atau Sujud Tilawah setelah membaca ayat ke lima belas.

Berikut Tata Cara Pelaksanaan Sujud Sajadah dalam Solat Subuh:
1.     Badan berdiri tegak
2.    Membaca surah Sajadah, contoh: Surah As-Sajadah
3.    Pada ayat Surat As-Sajadah ke-15 bertakbir langsung sujud Kemudian membaca "Subhana Rabbiyal a'la" sebanyak tiga kali. Kemudian ditambah doa:




4.    Kemudian sambung bacaan surah As-Sajadah tadi hingga selesai dan lakukan gerakan seperti biasa

Catatan
1.     Ingat bahwa sujud sajadah yang dilakuakan diawal solat tadi belum termasuk dalam rakaat solat, namun saat bangkit dari Sujud Sajadah dan menyabung bacaan surah As-Sajadah yang pertama tadi hingga selesai dan disambung dengan gerakan solat seperti biasa hingga salam baru dihitung rakaan solat. Jadi solat subuhnya tetap 2 rakaat tidak 3 rakaat, karena Sujud Sajadah pertama kali tidak termasuk rakaat solat.
2.    Bahwa Sujud Sajadah bukan hanya terdapat dalam Surah As-Sajadah saja, namun di dalam Al-Qur’an tanda sajadah ada terdapat di 14 surah dalam Al-Qur’an dan tata cara pengerjaannya tetaplah sama.   
   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar