Kamis, 25 Januari 2018

Mengapa Kita Wajib Membaca Al-Qur’an dengan Tajwid?

Mengapa Kita Wajib Membaca Al-Qur’an dengan Tajwid? - Sebelum kita menjawab pertanyaan mengapa kita wajib membaca Al-Qur’an dengan Tajwid terlebih dahulu kita harus mengetahui arti dari Tajwid itu sendiri. Tajwid berasal dari bahasa Arab “Jawwada -Yujawwidu-Tajwid”  yang berarti membaguskan, sedangkan menurut ilmu Tajwid adalah membaguskan bacaan huruf-huruf atau kalimat-kalimat Al-Qur’an dengan terang dan teratur serta tidak terburu-buru. Sesuai dengan Firman Allah Surat Al-Muzammil ayat 4 “Bacalah Al-Qur’an dengan Tartil.”. pengertian dari tartil disini ialah membaca dengan teratur, perlahan, membaguskan serta menghayati arti dan maknanya.

 Dari paparan tentang arti dan makna dari kata Tajwid itu jelas bahwa kita wajib membaca Al-Qur’an dengan menggunakan tajwid. Karena dalam ilmu Tajwid terdapat didalamnya Makhrajul Huruf, Sifat Huruf, Hukum dan Mad yang semua merupakan alat yang dibutuhkan agar dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.


Sejatinya ilmu Tajwid sangat lah penting sebab jika seseorang membaca satu hruf Al-Qur’an saja salah maka hal tersebut akan merubah makna dari ayat tersebut dan secara otomatis kita tidak akan mendapatkan pahala membaca Al-Qur’an yang disabdakan Rasulullah “Setiap satu huruf dari Al-Qur’an merupakan 1 kebaikan yang dilipatgandakan 10 kali” (H.R. At-Tirmidzi). Maka dalam konteks inilah kita dituntut untuk belajar ilmu Tajwid sehingga tidak salah saat membaca Al-Qur’an.

Oleh karena itu, mulai saat ini mari sama-sama kita belajar ilmu tajwid.  Karena “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Quran dan Mengajarkannya” (H.R Bukhari). Didalam hadis lain Rasulullah SAW bersabda “Yang Membaca Al-Quran dan Mahir Dalam Membacanya,  ia akan bersama-sama para malaikat yang mulia lagi taat” (H.R. Muslim). Semoga kita tergolong kedalam hambanya yang bertaqwa dengan selalu membaca Al-Qur’an. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar